Kamis, 09 November 2023

KUE PENGANTIN DI ACARA PERNIKAHAN


Kehadiran kue pengantin pada upacara pernikahan modern sudah menjadi item wajib yang penuh dengan makna. Tradisi potong kue misalnya, memiliki makna filosofis dimana mempelai pria dan mempelai perempuan yang memotong kue bersamaan mengisyaratkan simbol kebersamaan keluarga baru tersebut untuk pertama kali.

Acara bagi-bagi kue pun menyimbolkan adanya kebersamaan tidak hanya untuk kedua pengantin saja namun juga untuk seluruh anggota keluarga dan juga tamu undangan yang hadir. Warna putih pada kue pengantin pada umumnya pun memiliki simbol atau makna yaitu kesucian, yang tentu sangat cocok dengan image upacara suci pernikahan.

Yang banyak diminati tentu saja kue tart pengantin yang berupa kue spons yang dihiasi krim lembut, meskipun beberapa orang memilih keluar dari kebiasaan umum dengan memilih menggunakan cupcakes, muffins, rainbow cake, ombre cake, atau bahkan roti. Apapun jenis kue yang banyak diminati dan dipakai, pemilihan keseluruhan "rancangan" kue pengantin tentu perlu disesuaikan dengan tema dan kesukaan mempelai, terutama mempelai perempuan. Hal ini dikarenakan wedding cake juga dikenal sebagai the bride's cake atau kue mempelai perempuan.


sewa tenda , sewa tenda murah , sewa tenda hajat , sewa tenda jakarta , sewa tenda nikah , sewa tenda khitan
1. Gaya modern-conventional

Pada umumnya, kue pengantin berbentuk bersusun atau bertingkat, meski tidak semua wedding cake harus tinggi. Dalam pernikahan ala modern dewasa ini, kue yang disusun bertingkat ini sering kali "dipalsukan", karena dibuat hanya sebagai syarat atau simbol untuk melakukan pemotongan kue atau digunakan sebagai dekorasi saja, dan tidak dimakan seluruhnya. Hal ini dikarenakan kue yang dibagikan pada tamu undangan telah disediakan secara terpisah dalam bentuk kue-kue yang lebih kecil. Disebut konvensional karena kue ini banyak dipakai pada acara pernikahan modern pada umumnya, yaitu berupa kue tart bertingkat dengan hiasan krim dan icing dengan dominan warna putih.



2. Gaya modern-unconventional

Zaman semakin berkembang dan tentu saja banyak hal yang mengalami pergeseran. Pemilihan kue pengantin pun tak lepas dari incaran "modernisasi" dan sikap "anti-mainstream" yang marak dilakukan semua masyarakat di seluruh dunia. Banyak orang, jika tidak semua, kini menginginkan adanya keunikan atau sesuatu yang baru dan berbeda pada diri mereka, termasuk dalam hal memilih wedding cake yang unik dan unconventional.

Bentuk, warna dan dekorasi pada kue pengantin gaya modern dan tidak konvensional ini lebih beragam dan bisa lebih disesuaikan dengan tema dan kesukaan kedua mempelai. Keunikan yang istimewa ini lah yang menjadi sebab kue pengantin gaya ini banyak diminati. Tinggal pesan dekorasi dan tema apa yang Anda inginkan untuk kue pengantin Anda: gothic, bernuansa film atau tokoh terkenal, atau bertemakan hobi atau benda favorit. Bahkan, ada juga kue pengantin yang berbentuk menyerupai mempelai perempuannya. Tentu, memesan kue unik seperti ini mengharuskan Anda mengeluarkan uang lebih banyak.

3. Gaya tradisional

Masyarakat Indonesia masih kental dan berhubungan erat dengan adat, tradisi, dan budaya yang ada pada setiap suku. Oleh karena itu, beberapa memilih untuk tetap bersahabat dengan ketradisionalan dengan memilih kue-kue tradisional sebagai kue pengantin. Tentu saja ada makna dibalik pemilihan kue ini. Di daerah Jawa misalnya, yang dipilih adalah kue tradisional berbahan dasar ketan. Kue yang cenderung lengket ini melambangkan kedekatan kedua mempelai, dan harapan supaya keduanya tetap mesra sampai akhir hayat. Kue mangkok yang berwanra merah juga menjadi salah satu pilihan untuk kue tradisional pengantin, karena melambangkan keberuntungan untuk sepasang suami istri yang baru menikah tersebut.

Nah, kue pengantin gaya apa yang akan Anda pilih untuk acara pernikahan anda? Yang mana pun kue pilihan anda, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan tema atau kesukaan. Jangan sampai Anda terpaksa memilihnya ya.

Hubungi Kami Untuk info dan  Pemesanan :

Hotline / whatsapp : 0812 8177 8600 dan 0878 5157 8600
Email: tendabimasakti@gmail.com

Bima Sakti Entertainment (Tenda Bima Sakti)
JL Hj Djayadi II Rt06/Rw05 Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan
Follow us : Facebook / Instagram / Twitter / Website 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar